Info Terbaru 2022

Model Atom Rutherford

Model Atom Rutherford
Model Atom Rutherford

Model Atom Rutherford – Apa itu atom? sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai koloid. Materi pembahasan kali ini menegenai model atom rutherford, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.


Pengertian Atom


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai  Model Atom Rutherford
contoh atom

Atom ialah merupakan suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.


Kata atom berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Atomos” yang artinya tidak sanggup dibagi-bagi.


Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak mempunyai neutron). Diameter yang terdapat pada atom sekitar 6-30 nm.Karena adanya gaya elektromagnetik, atom bergabung bersama dengan atom-atom yang lain sehingga membentuk sebuah molekul.


Ciri-ciri Teori Atom Rutherford



  1. Permukaan kosong atau hampa merupakan bentuk atom.

  2. Dengan bermuatan kasatmata dan termasuk sentra massa atom ialah disebut inti atom.

  3. Dengan kecepatan yang sangat tinggi elektron bergerak mengelilingi inti.

  4. Sebagian kecil dibelokkan, dan sedikit sekali yang dipantulkan.

  5. Awan elektron tidak mempengaruhi penyebaran partikel α (alfa).


Model Atom Rutherford


Awalnya Rutherford dengan dua muridnya (Hans Geiger dan Erners Masreden) melaksanakan sebuah percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas. Dari semua hasil penelitiannya ditemukan bahwa sebagian besar partikel alfa bisa menembus lembaran emas tanpa dibelokkan.


Bersamaan dengan itu, Rutherford juga menemukan partikel alfa yang dibelokkan sedikit, namun dengan sangat mengejutkan, Rutherford juga menemukan beberapa partikel alfa yang dibelokkan pada sudut yang sangat tajam kembali ke sumber radioaktif. Rutherford lalu menyebarkan model inti atom.


Rutherford menciptakan kesimpulan bahwa :


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai  Model Atom Rutherford
atom


  1. Karena hampir semua partikel alfa diteruskan maka Atom bukan merupakan bola pejal,

  2. Jika lempeng emas tersebut dianggap sebagai satu lapisanatom-atom emas, maka d idalam atom emas terdapat partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif.

  3. Dengan didasari sebuah fakta yang menegaskan bahwa 1 dari 20.000 partikel alfa akan dibelokkan. Apa angka tersebut merupakan suatu perbandingan diameter, maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10.000 lebih kecil daripada ukuran atom keseluruhan.


Berdasarkan kesimpulan dari hasil pengamatannya Rutherford mengemukan sebuah model atom yang dikenal dengan model atom Ruthreford yaitu ” Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif.”


Kelebihan Model Atom Rutherford



  1. Mudah dipahami untuk menjelaskan struktur atom yang rumit

  2. Dengan inti atom yang berputar mengelilingi maka sanggup menjelaskan bentuk lintasan elektron

  3. Dapat menggambarkan gerak elektron disekitar inti


Kelemahan Model Atom Rutherford



  1. Bersumber dari para pakar aturan fisika klasik, pada elektron yang bergerak mengelilingi inti memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

  2. Dalam klarifikasi model atom rutherford ia tidak sanggup membuktikan dimana letak elektron dan cara rotasinya terhadap inti atom.

  3. Ketika energi atom menjadi tidak stabil itu diakibatkan oleh elektron memancarkan energi saat bergerak,

  4. Tidak mepunyai kemampuan untuk menjelaskan spektrum garis pada atom hidrogen (H).


Sifat-Sifat Atom


 pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai  Model Atom Rutherford
atom

Berikut yaitu sifat-sifat atom yaitu :


Sifat Nuklir


Dalam sifat ini hanya ada pada unsur-unsur atom yang mempunyai nomor atom lebih dari 82. Dari sekitar 339 nuklida yang telah ditemukan secar alami di bumi, sebanyak 269 diantaranya belum terpantau secara menyeluruh.


Pada unsur kima, 80 dari unsur yang diketahui mempunyai satu atau lebih isotope stabil. Unsur 43, 63, dan semu aunsur yang mempunyai nomor atom lebih dari 82 tidak mempunyai isotope stabil. Hal ini yang menyebabkan unsur tersebut mempunyai sifat radioaktif.


Massa Atom


Jumlah keseluruhan dari partikel dasar dalam suatu atom disebut nomor massa.


Nomor Atom


Pada Atom merupakan suatu zat yang berbeda mempunyai jumlah proton yang tidak sama dalam intinya. Jumlah proton dalam inti ini disebut nomor atom.


Gaya Atom


Dalam penggunaanya Gaya menjaga elektron yang bermuatan negatif biar tetap berada orbit sekeliling inti muatan positif.


Demikianlah bahan pembahasan kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan sanggup menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita semua.


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90