Info Terbaru 2022

Model Atom Dalton

Model Atom Dalton
Model Atom Dalton

Model Atom Dalton – apa itu atom? ingin tau bukan !!! tapi sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai model atom rutherford. Materi pembahasan kali ini mengenai model atom dalton, pengertian ciri, teori, kelebihan dan kekurangannya, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya di bawah ini.


Pengertian Atom


 tapi sebelum kita masuk kepokok pembahasan Model Atom Dalton
contoh atom dalton

Atom ialah merupakan suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.Kata atom berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “Atomos” yang artinya tidak sanggup dibagi-bagi.


Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak mempunyai neutron). Adapun atom yang bergabung secara bersama dengan atom-atom yang lain, sehingga sanggup membentuk suatu molekul.


Teori Atom Dalton


 tapi sebelum kita masuk kepokok pembahasan Model Atom Dalton


Ini merupaka suatu teori ini yang mana dikemukakan oleh John Dalton ditahun 1803 ia beropini menurut dua aturan yang diambil, yakni hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan aturan susunan tetap (hukum Prouts).


Lavosier menjelaskan dalam aturan kekekalan massa bahwa “massa total zat-zat sebelum reaksi sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”. Begitu juga dengan aturan susunan tetap, Prouts menjelaskan bahwa “perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap”. Dari kedua aturan tersebut, maka Dalton menarik kesimpulannya yakni :



  • Jenis atom merupakan suatu cuilan terkecil dalam bahan yang tidak sanggup dibagi lagi

  • Atom berbentuk ibarat mirip bola pejal yang snagat kecil, suatu  atom memiliki unsur-unsur mempunyai atom-atom yang identikdan berbeda dengan unsur yang berbeda

  • Atom-atom yang apabila bergabung karenanya akan membentuk sebuah senyawa dengan perbandingan suatu bilangan lingkaran dan sederhana.

  • Reaksi kimia mempunyai fungsi untuk pemisahan dan penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan.


Teori atom dalton tersebut menjadikan satu kelemahan, yakni tidak sanggup menjelaskan bagaimana suatu bahan sanggup menghantarkan listrik. Bagaimana mungkin sebuah bola pejal menghantarkan listrik, lantaran listrik itu dihantarkan oleh electron yang bergerak.


 tapi sebelum kita masuk kepokok pembahasan Model Atom Dalton
atom Dalton

Sejarah Penemuan Atom


Dalam sejarah diperkirakan inovasi atom ditemukan ditahun 1803 oleh John Dalton yang pada ketika itu mengemukakan sebuah teori perihal atom.Kemudian, banyak ilmuwan yang mendukung teori atom yang dilakukan oleh John Dalton seperti, Michael Faraday seorang yang telah menemukan teori pemecahan molekul memakai elektrolisis pada tahun 1832, dan J.Plucker yang menemukan tabung katoda pada tahun 1839.


Setelah itu diikuti dengan inovasi oleh Dmitri Mendelev mengenai aturan periodic pada tahun 1869. John C.Maxwell tahun 1873 yang melaksanakan penelitian perihal listrik dan medan listrik.


Kemudian Sir Willian Crookes pada tahun 1870 melalui penelitian eksperimental menemukan suatu electron mempunyai massa tertentu melalui percobaan penembakan sinar katoda.


Lalu penelitian yang telah dilalui oleh E.Goldstein, dia menemukan proton yang bermuatan positif.Kemudian berlanjut pada G.J Stoney yang berhasil menemukan partikel penyusun atom bermuatan negative yakni electron. Dan penelitian oleh Wilhelm Roentgen yang menemukan X-Ray.


Rutherford kemudian menciptakan hipotesis menurut penelitiannya yang mengemukakan bahwa terdapat suatu inti atom selain proton yang menjaga keseimbangan atom. Hipotesis Rutherford tersebut kemudian dibuktikan oleh James Chadwik tahun 1932 dengan menemukan partikel atom yang bermuatan netral yang disebut dengan neutron.


Kelebihan Model Atom Dalton



  •  Pada Teori dalton menjadi suatu teori yang sangat penting sehingga menciptakan ilmuan lain tertarik untuk mempelajari atom secara mendalam, sehingga terdapat model-model atom yang lebih kompleks.


Kelemahan Model Atom Dalton



  • Atom digambarkan sebagai bola pejal yang kecil

  • Atom merupakan suatu partikel kecil yang tidak sanggup dibagi lagi

  • Atom merupakan suatu unsur yang mempunyai sifat yang sama

  • Apabila atom digabungkan maka akan membentuk atom yang senyawa

  • Reaksi kimia merupakan reoganisasi dari sejumlah atom, sehingga tidak ada atom yang berubah akhir reaksi kimia


Ciri-Ciri Model Atom Dalton



  1. Jenis atom ialah yang merupakan suatu cuilan terkecil dari bahan yang sudah tidak sanggup dibagi lagi

  2. Suatu unsur mempunyai atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda, atom sanggup digambarkan menjadi bola pejal yang sangat kecil

  3. Dengan perbandingan bilangan lingkaran dan sederhana atom bergabung membentuk senyawa. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen

  4. Pada Reaksi kimia sanggup disebut juga suatu pemisahan dan penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan.


Partikel Dasar Atom


 tapi sebelum kita masuk kepokok pembahasan Model Atom Dalton
gambar

Dalam terdapat suatu Partikel  yang merupakan dasar atom dan terdiri dari proton, neutron dan elektron. Partikel dasar ini tidak terlepas dari adanya efek gaya elektromagnetik yang mengikat partikel-pertikel ini.


Adapun arti dari proton, neutron, dan elektron ialah, sebagai berikut.


Proton


Proton yaitu partikel dasar yang mempunyai suatu muatan faktual (+1) dan mempunai diameter yang hanya 1/3 diameter electron. Namun, proton mempunyai massa sekitar 1840 kali electron.


Neutron


Neutron ialah merupakan suatu partikel dasar yang tidak mempunyai sebuah muatan (netral), dan mempunyai massa yang sama dengan gabungan antara massa proton dan massa electron.


Elektron


Elektron ialah masih termasuk partikel dasar yang mempunyai tapi bermuatan negative (-1) dan mempunyai massa paling ringan diantara partikel lainnya yang hanya 1/1840 kali massa proton atau neutron.


Partikel-Partikel Atom


Berikut yaitu partikel-artikel atom, yakni :


Partikel Subatom


Walaupun dalam definisi atom menunjukan bahwa atom merupakan suatu cuilan terkecil dari material yang tidak sanggup dibagi lagi, namun dalam ilmu modern, atom sendiri tersusun dari beberapa partikel subatom. Partikel subatom tersebut mencakup proton, elektron dan neutron.


Inti Atom


Inti atom terdiri atas proton dan neutron yang terikat di inti atom oleh suatu gaya elektromagnetik. Proton dan nutron ini disebut nucleon atau penyusun inti.


Inti atom memuyai diameter sekitar 10-15 nm. dari sudut unsur kimia atom mempunyai kimia dan jumlah proton yang sama . Suatu unsur sanggup mempunyai variasi jumlah neutron yang disebut isotop.


Awan Elektron


Awan partikel yaitu suatu kawasan dalam sumur potensi dimana tiap-tiap electron menghasilkan sejenis gelombang membisu (gelombang yang tidak bergerak).


Sifat-Sifat Atom


Berikut yaitu sifat-sifat atom yaitu :


Sifat Nuklir


Sifat yang dimiliki oleh unsur-unsur atom yang mempunyai nomor atom lebih dari 82 ialah nuklir atau radioaktif . Dari sekitar 339 nuklida yang telah ditemukan secar alami di bumi, sebanyak 269 diantaranya belum terpantau secara menyeluruh.


Pada unsur kima, 80 dari unsur yang diketahui mempunyai satu atau lebih isotope stabil. Unsur 43, 63, dan semu aunsur yang mempunyai nomor atom lebih dari 82 tidak mempunyai isotope stabil. Hal ini yang menimbulkan unsur tersebut mempunyai sifat radioaktif.


Massa Atom


Jumlah keseluruhan dari partikel dasar dalam suatu atom disebut nomor massa. Massa atom ialah merupakan suatu yang dalam keadaan membisu dinilai dengan memakai satuan Dalton. Massa atom dalam unsur yang berbeda mempunyai massa yang bervariasi.


Nomor Atom


Apabila jumlah proton tidak sama dalam pada dasarnya itu merupakan Atom-atom yang ada didalam zat yang berbeda . Jumlah proton dalam inti ini disebut nomor atom.


Gaya Atom


Untuk menjaga elektron yang bermuatan negatif merupakan fungsi dari gaya elektromagnetik yang bertujuan supaya tetap berada orbit sekeliling inti muatan positif.


Demikianlah bahan model atom dalton, pengertian ciri, teori, kelebihan dan kekurangannya kali ini semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup meningkatkan ilmu pengetahuan kita semua.


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90